Visi Misi dan Tujuan

  • Ketua Jurusan TIPS : Dr. Sri Dewi Lisnawati, M.Si. .
  • Sekertaris Jurusan TIPS : Ardillah Abu, M.Pd

Visi

Mewujudkan Jurusan/Program Studi Ilmu Pengetahuan Sosial yang bermutu dan berdaya saing dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial yang sesuai dengan kebutuhan sekolah dan madrasah serta dunia usaha yang dibangun dengan komitmen yang kokoh untuk mengembangkan kehidupan sosial dan ekonomi yang diintegrasikan dengan nilai-nilai ajaran Islam yang berkeadaban pada tahun 2030.

Misi

  1. Melaksanakan pendidikan dan pengajaran Ilmu Pengetahuan Sosial berbasis teknologi yang bermutu dan berdaya saing dengan memanfaatkan teknologi pembelajaran untuk menghasilkan lulusan yang siap menjadi guru mata pelajaran Ekonomi dan atau Ilmu Pengetahuan Sosial di sekolah atau madrasah.
  2. Mempersiapkan lulusan yang bermutu dan memiliki kekokohanaqidah dan spiritual, santun dalam berbahasa, matang dalam emosional dan berbudi pekerti luhur dalam menjalankan tugasnya sebagai guru mata pelajaran Ekonomi dan atau dan atau Ilmu Pengetahuan Sosial di sekolah atau madrasah.
  3. Mengembangkan pola baru manajemen pendidikan dan menciptakan iklim akademis yang religius dalam pengelolaan pendidikan dan pengembangan kompetensi sebagai guru mata pelajaran Ekonomi dan atau dan atau Ilmu Pengetahuan Sosial di sekolah atau madrasah.
  4. Mendorong tradisi penelitian yang dapat melahirkan dan mengembangkan teori-teori pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan atau pendidikan Ekonomi yang bernafaskan Islam.
  5. Menyelenggarakan pengabdian masyarakat secara proaktif dan inspiratif dalam menghadapi dan memecahkan permasalahan pendidikan Islam yang tumbuh dan berkembang di masyarakat sekitar.
  6. Membangun jaringan kerjasama dan kemitraan dengan sekolah/madrasah dan perguruan tinggi di dalam dan diluar negeri masyarakat pengguna lulusan dan stekholder yang lebih luas.

Tujuan

  1. Menghasilkan produk pendidik dan kependidikan muslim yang memiliki ilmu pengetahuan, sikap, keterampilan dan nilai yang diperlukan untuk menjadi guru mata pelajaran Ekonomi dan atau dan atau Ilmu Pengetahuan Sosial di sekolah atau madrasah.
  2. Menghasilkan produk lulusan yang memiliki kemampuan tambahan dalam merencanakan, mengelolah, membentuk dan melaksanakan program pendidikan, melakukan supervisi, monitoring dan evaluasi program pada satuan pendidikan serta memiliki bekal tambahan kewirausahaan.